#SARProject Surat untuk Negara; Dear KEMENPAR RI

This is us


Tim SAR is back ! Kali ini giliran aku yang kasih tema. Jujur, sebenarnya aku lupa kalau minggu ini adalah giliranku. Aku juga belum menyiapkan tema apapun, sama sekali. Posisiku waktu itu juga lagi di dalam kereta api, perjalanan pulang dari Surabaya. Tapi, Alhamdulillah akhirnya nemu ide setelah melihat petugas kereta api dengan seragam kebesarannya sedang memeriksa tiket para penumpang. Aku jadi kepikiran buat bikin tulisan tentang para pelayan negara, seperti TNI, POLRI, Pejabat, Presiden, dan sejenisnya. Jadi terpilihlah 'Surat untuk Negara' sebagai tema minggu ini. Simak ya teman-teman.

Dear Kementrian Pariwisata Indonesia,
Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih karena sudah membangun pariwisata Indonesia menjadi sedemikian rupa. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki alam yang sangat indah, tentunya ini membuka peluang bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia lebih sering. Banyak objek wisata baru mulai bermunculan, dan menjadi tujuan para wisatawan. Semakin banyak juga daerah-daerah yang namanya mulai terekspos oleh publik karena keindahan alamnya

Sayangnya, kebanyakan objek wisata alam memiliki akses yang kurang. Jarang ada transportasi yang dapat menjangkau lokasinya, dan kalaupun ada, hanya kendaraan tertentu saja yang dapat. Hal ini dikarenakan medan yang ditempuh biasanya berupa jalanan curam, berbatu, berlumpur, lokasinya harus melewati hutan, lembah, gunung, yang mana hal itu merupakan sesuatu yang sangat ekstrim dan hanya dapat dilewati dengan berjalan kaki. Tetapi, berkat kerja keras dari Kementrian Pariwisata Indonesia dan tentunya didukung juga oleh pemerintah setempat, sekarang sudah banyak objek wisata alam yang aksesnya dipermudah lengkap dengan berbagai macam fasilitasnya.

Salah satu contoh yang saya tahu adalah Objek Wisata B29 di Lumajang. Biarpun saya belum pernah ke sana, tetapi berdasarkan info yang saya dengar, (dari teman, tayangan video di youtube, dan beberapa berita di internet) jalanan menuju B29 yang dulunya sangat susah sekali dijangkau kalau bukan dengan kendaraan khusus seperti motor cross atau jeep, sekarang sudah menjadi jauh lebih baik. Dulunya akses menuju B29 merupakan jalanan rusak, berbatu, curam, dan berlubang yang kalau hujan menjadi banyak genangan, tentunya hal ini sangat berbahaya bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Tapi sekarang sudah diperbaiki menjadi jalanan beraspal yang jauh lebih mulus dan pastinya lebih aman. Bukan hanya itu, sekarang juga sudah dibangun beberapa rest area di sepanjang jalan menuju B29. Wah, sudah jalannya mulus, aman, indah, nyaman pula. Jadi wisatawan yang capek, bisa beristirahat sejenak di rest area yang ada di sana. Saya jadi bangga menjadi warga Kabupaten Lumajang.

Untuk itu, saya ucapkan terimakasih banyak kepada Kementrian Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Lumajang dan juga masyarakat setempat yang sudah bekerja keras untuk membangun pariwasata di Kabupaten Lumajang. Tetap semangat untuk membangun lebih banyak lagi dan mengenalkan objek wisata alam yang ada di Indonesia kepada dunia. Masih ada banyak lagi objek wisata yang perlu diperhatikan dan diekspos lebih sering. Saran saya untuk KEMENPAR, lebih rutin melakukan himbauan kepada masyarakat juga untuk gencar mempromosikan pariwisata Indonesia. Mungkin dengan mengadakan lomba secara rutin seputar kepariwisataan bisa membuat masyarakat menjadi lebih antusias terhadap pariwisata Indonesia. Oh iya, maksimalkan juga fungsi Duta Pariwisata di masing-masing daerah, tentunya perlu adanya himbauan dari KEMENPAR mengenai hal ini.

Tetap semangat ya Bapak dan Ibu KEMENPAR RI. Harapan saya, semoga pariwisata Indonesia semakin maju dan dikenal oleh dunia. Semoga akan ada lebih banyak lagi objek wisata yang dibangun dan diperhatikan. Indonesia ini indah dengan ciri khas nya. Buat masyarakat Indonesia betah berlibur di negaranya sendiri dan tidak pernah bosan. Ada banyak tempat yang bisa kita eksplor di negara kita. Buatlah kami bangga dengan Pariwisata Indonesia dan masyarakat dunia bangga. Kami siap untuk diajak bekerjasama mengenai hal ini, apalagi saya.

Saya rasa, cukup sekian pesan yang ingin saya sampaikan. Sekali saya ucapkan terimakasih atas kerja keras nya selama ini, bapak dan ibu KEMENPAR RI. Tetap semangat dalam membangun pariwisata di Indonesia.

Salam Hangat
Sarah Wildan H.
Baca juga Surat untuk Negara dari Acil dan Kak Roos

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dress Up Diary; My Current Favorite Game

A Week in Bali [Part 2/2]